Blogger Widgets ARSIP: KANDUNGAN DAN MANFAAT MANGGIS

Senin, 15 Juli 2013

KANDUNGAN DAN MANFAAT MANGGIS

KANDUNGAN DAN MANFAAT MANGGIS BAGI KESEHATAN

MANFAAT MANGGIS - Queen of fruits – ratu dari segala buah – itulah julukan buah manggis. Buah ini sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan apalagi didukung dengan rasanya yang manis, lezat, serta lembut, membuat buah manggis banyak disukai orang. Semua bagian dari buah manggis kaya akan manfaat, mulai dari daging buah, biji bahkan kulit buah sekalipun, kecuali bagi wanita hamil. Konsumsi buah manggis setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kesegaran tubuh kita.


Manfaat manggis ternyata banyak sekali, buah ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan seperti mengurangi rasa sakit sampai pernyakit berbahaya bahkan penyakit mematikan seperti diabetes, kanker, jantung atau arteriosclerosis, alzheimer. Selain itu, manfaat manggis juga mampu melawan radikal bebas, menurunkan darah tinggi atau hipertensi, gangguan pencernaan, ginjal, asma, menurunkan kolesterol, gangguan penglihatan, memulihkan stamina, bahkan mencegah penurunan mental.

Bagian utama buah manggis yang paling bermanfaat ternyata terdapat pada kulit buahnya. Dalam kulit buah ini mengandung antioksidan yang mampu mencegah timbulnya penyakit. Kulit buah manggis mengandung xanthone yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kanker payudara, kanker paru-paru, kanker perut, leukimia, dan lain-lain. Kadar antioksidan ini mencapai 123,97 mg/ml. Xanthone dapat menangkap radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Radikal bebas masuk melalui makanan yang kita konsumsi dan merupakan penyebab utama penyakit kanker, stroke, jantung, dan lain-lain. Dengan kata lain xanthone selain berkhasiat sebagai antioksidan juga berkhasiat sebagai antikanker.
Adanya kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada kulit buah manggis ini juga menyebabkan buah manggis tidak mudah busuk walaupun diletakkan di atas tanah dalam jangka waktu yang sangat lama.

Ekstrak kulit buah manggis selain bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker seperti pada kanker hati, kanker paru-paru, dan kanker usus juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker. Xanthone dalam kulit buah manggis juga berkhasiat menyembuhkan penyakit asma, TBC, dan antiinflamasi. Kelebihan bakteri di dalam perut ketika sedang diare dapat diatasi dengan xanthone sehingga kerja perut menjadi seimbang.

Menurut dr. Berna Elya, peneliti Departemen Farmasi Unibersitas Indonesia, antikanker dan antioksidan, mujarab mengatasi jantung koroner serta mengatasi HIV, semua itu hanya sebagian kecil dari khasiat kulit buah manggis yang sering kali tidak dimanfaatkan oleh kebanyakan orang.

Buah manggis sangat baik untuk para wanita, kecuali wanita yang sedang hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Konsumsi manggis secara rutin dapat membuat awet muda. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan antioksidan yang berfungsi menjaga serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak karena manggis mampu menghancurkan semua penyakit yang menyerang tubuh kita dan memperbaiki sistem antibody. Seseorang yang masih muda ketika sedang menderita penyakit degeneratif akan terlihat sangat tua seperti berusia 60 tahunan. Tetapi ketika mengkonsumsi buah manggis secara rutin sampai sembuh wajahnya akan terlihat seperti berumur 30 tahunan. Manfaat manggis yang lain adalah sebagai antijamur dan antibakteri penyebab jerawat. Selain itu, manggis juga mampu mengurangi berat badan, karena kandungan xanthone pada manggis mampu melunakkan kembali membran sel yang membesar dan mengeras dalam tubuh kita, serta mengubah zat makanan menjadi energi.

Kandungan lain buah manggis adalah catechins yang mempu melawan radikal bebas dalam tubuh. Catechins ini ternyata lebih efektif melawan radikal bebas dibandingkan dengan vitamin C dan vitamin E. Xanthone buah manggis juga bersifat sebagai antibakteri sehingga mampu mengatasi
gangguan penapasan.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar